Recent Posts

Your browser does not support frame.

Selasa, 10 Januari 2012

Belajar Catur dengan FRITZ


Belajar Bermain Catur – Chess
Bagi anda yang memiliki kegemaran sama dengan saya, yaitu bermain catur, mungkin saya bisa memberikan sedikit trik agar anda juga bukan hanya memiliki hobi yang sama dengan saya, tapi juga bisa sepintar saya, hehehhe (lebay.com).
Untuk melatih catur anda, dibutuhkan latihan dan uji coba sesering mungkin dengan orang-orang yang seimbang atau bahkan lebih pintar dari anda, dulu, ketika saya memulai berlatih, saya harus sering nongkrong di kedai-kedai kopi tempat biasanya orang bermain catur, dan disitu saya sering menghabiskan uang saya untuk taruhan dan membeli makanan/ minuman, kenapa demikian?? karena bila tanpa taruhan, lawan anda mungkin kurang semangat dan tidak mau berpikir keras sedangkan anda berharap untuk mengukur kemampuan anda, ya kan??

Nah, akhirnya setelah saya berpikir, bagaimana cara menemukan sparring partner yang bisa mengeluarkan seluruh kemampuannya tanpa harus taruhan dan mengeluarkan banyak uang, akhirnya, saya menemukan solusi, yaitu, berlatih dengan KOMPUTER !!!.
saat ini saya berlatih dengan menggunakan program catur yang cukup terkenal, yaitu Fritz 13, memang sih, sudah banyak program catur yang lebih jago diatas si fritz ini, tapi eitss… tunggu dulu, software yang saya gunakan hanya untuk mengambil tampilannya saja (GUI), sedangkan engine-nya, saya gunakan dari UCI engine catur juara seperti Houdini, Rybka, Fritz, Junior, Critter, ivanHoe, Naum, Gull, Stockfish, strelka, shredder, Hiarcs, dan masih banyak lagi (nanti akan saya terangkan bagaimana menggunakannya.

oke deh, langsung aja, bagi yang mau berlatih, silahkan anda download program-program di bawah ini :
Aplikasi Catur – Chess
Fritz-13 Portable

UCI Engine
Dipilih salah satu saja :

Strong Uci Engine (5 Uci Engine Catur Terkuat 2013 )
All UCI Chess Engine 2013 ( Semua engine catur 2013 )

Opening Books (Saya pilihkan yang terbaik/terlengkap)
Hiarcs-13 dBook-ctg.7z
Hiarcs-13 dBook-ctg.7z (Mirror)
Shredder-12-ctg.7z
Fritz-8.ctg.zip
stockFish-book.7z

Untuk Opening book diatas, cukup dipilih salah satu aja dan di load di aplikasi catur. sebenarnya tanpa opening book pun, engine catur masih terlalu kuat, tetapi untuk melatih variasi pembukaan catur anda, ada baiknya anda gunakan juga opening book=nya.
baik, setelah anda selesai menginstal seluruhnya, saya berikan tutorial untuk mengaktifkan engine dari UCI tersebut sebagai berikut :
1. instal program catur Fritz 11 lite, lalu jalankan.
2. Klik menu “Engine”
3. Pilih “Create UCI engine…”
4. Klik “Browse”
5. cari file UCI (yang .exe, misalnya houdini.exe, critter.exe, ivanhoe.exe atau lainnya)
6. Klik “OK”.

Dan untuk menggunakannya, anda tinggal mengikuti langkah ini :
1. Klik menu “engine”
2. Klik “change main engine” atau klik tombol F3 di keyboard
3. Pilih engine yang sudah anda instal tadi lalu “OK”
Selamat berlatih….

Program Catur Berkapasitas Kecil dengan Kekuatan Besar

Bagi anda yang memiliki komputer model lama (Pentium 2 or 3), tentu saja agak menyulitkan untuk menginstal program2 catur terbaru yang rata2 sudah menggunakan GUI yang 3D. nah, kalau hanya sekedar untuk berlatih menurut saya tidak perlu harus menampilkan interface yang 3D, yang penting program caturnya kuat, tidak banyak memakan Space hardisk dan tidak membutuhkan memory besar.
Nah berikut saya berikan program catur Fritz5.32, program ini gratisan dari produsennya yaitu CBase. menurut produsennya, Program keluaran pertama ini sudah memiliki elo rating yang tinggi bahkan sudah mengalahkan GrandMaster2 TOP dunia seperti G.Kasparov, Judit Polgar, dll.

Fritz 5.32
Bagi anda yang berminat, silahkan Download disini didalamnya sudah saya sertakan tutorial cara menginstalnya. selamat berlatih!!!

New Shredder chess here :)
New Fritz 13 with Super Strongest Chess Engine Here :)
NEW, Houdini 3 Pro, Here !

Untuk Fritz13 yang sangat lengkap, sudah langsung ada opening book, database dan UCI engine terbaru, silahkan anda download disini , password if needed : kupas.co.nr

Jangan lupa komentar nya, salam catur...


Bagi yang mau langsung main catur secara online, silahkan langsung main dibawah ini :-)
Selamat Berlatih, Gens Una Sumus !!!



Play chess online with Strongest Chess Engine

18 komentar:

  1. koq file uci .exe gk ada ya bos....

    BalasHapus
  2. uci.exe emang gak ada bos, nama nya tergantung pembuat programnya, misalnya houdini.exe, fritz.exe atau lainnya, begitu loh

    BalasHapus
  3. ini uci yg baru : http://www.mediafire.com/?42x22f8omi2q3z3

    BalasHapus
  4. sama - sama koleksi si jinho juga tuh kalau uci yg baru

    BalasHapus
  5. link expired boss

    BalasHapus
  6. Izin sedot om . . . ^_^

    BalasHapus
  7. houdini 3 yg disini gak perlu key lg bos, krn udh cracked

    BalasHapus
  8. houdini 3 yg disini uda saya adu beberapa kali lawan houdini 2, tapi gk pernah menang sekalipun...

    BalasHapus
  9. houdini 3 itu 4 CPU, kalau di tandingkan dengan houdini 2 dalam satu komputer, jelas aja over resource dan jd memble, kalau mau lihat performanya, coba aja tandingkan via LAN, dan setting parameternya high, kalau gak mencret itu houdini 2 pro

    BalasHapus
  10. wah terimah kasih untuk fritz 13 nya mas .... , sy tak punya uang untuk beli.. Salam catur

    BalasHapus
  11. itu ada Houdini 3 pro yang baru, udh ditandingkan dengan houdini 2, gak pernah kalah

    BalasHapus
  12. makasi mas bro,semoga kekuatan catur saya bertambah

    BalasHapus
  13. ulasan catur disini udh saya pindah ke pecatur.blogspot.com :)

    BalasHapus
  14. kenapa ngga ada file *.exe nya, apakah mksdnya di aplication.

    BalasHapus