Recent Posts

Your browser does not support frame.

Rabu, 30 Januari 2013

Membuat Antena Sectoral Amos Array 2,4 Ghz

Pembuatan Antena sektoral Amos 2,4 Ghz 17 dbi akhirnya selesai sudah, saatnya pengujian, awalnya sih ragu dengan kemampuannya karena bentuknya itu lho, sangat sederhana, tp begitu di test naikkan ke tiang 6 meter, trus konekin langsung pakek laptop pada jarak sekitar 600 meter, terhalang pepohonan dan gedung, eh dapet signal 3 bar dan browsing lancar, test ping, kena 3 - 4 ms, wah bukan main nih antenna, padahal saya cuman pakek 5110g yg 400an mW + pigtail 50cm, karena itu berani deh di post kesini, berikut ini pic nya, cekidot :)





untuk penyangga kawatnya biar gak kena reflektor, saya gunakan tutup/dop pipa 3/4" plus pipanya sedikit, yg penting jaraknya 3,5 cm antara kawat paling bawah dengan reflektor, trus pastikan jg antara kawat tembaga dengan skrup penahan tutup dop agar tidak saling bersentuhan agar nantinya arus dari pigtail tidak mengalir ke reflektor yang dapat menyebabkan loss signal.























Untuk feedernya yang bagian tengah saya contohkan dari gambar lain, tp prinsipnya sama aja




hanya yang saya buat belum sempat di kasi reflektor samping untuk penguatan beamwidth 120˚ 


dari gainnya sih kalau presisi, lumayan gede lah, 16,5 dbi dengan polarisasi horizontal

yah, syukur2 nanti bisa buat 2 biji lagi untuk coverage seluruhny, cuman masih bingung gimana caranya melindungi ini antena supaya tahan gak kena hujan dan matahari langsung, apakah cukup dengan di cat doang?? di tunggu review dari temen-temen sekalian... :D




sampai jumpa :) 

8 komentar:

  1. masukin dalam talang plastik yang bentuk petak....modofikasi aja talangnya...

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Kanan dan kiri ground yang tengah titik point

      Hapus
  3. progaram nya apa tu melihat signal wifinya

    BalasHapus
  4. maaf mau tanya :
    1. reflektornya dari apaan gan..?
    2. untuk sambungan dari pigtail ke kawat tembaga, mohon di perjelas..?
    makasih gan..

    BalasHapus
  5. gmn masih trus produksi apa nggak?
    banyak yg pake?

    BalasHapus